Sabtu, 13 Mei 2017

Contoh Surat Lamaran Kerja Operator SPBU

Contoh Surat Lamaran Kerja | Sebelum Anda menyimak Contoh Surat Lamaran Kerja Operator SPBU, tentunya Anda harus mengetahui informasi terkait mengenai pekerjaan ini dan produk-produk yang disediakan di tempat ini. 
Stasiun Pengisian Bahan Bakar untuk Umum atau biasa dikenal sebagai SPBU merupakan sebuah prasarana umum yang menyediakan berbagai jenis kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) kendaraan bermotor yang merupakan milik PT. Pertamina.
contoh surat lamaran kerja spbu, contoh surat lamaran pekerjaan pertamina, cara melamar kerja di pom bensin, gaji kerja di pom bensin, syarat menjadi operator spbu, cara melamar kerja operator spbu, contoh surat lamaran kerja pertamina via email, contoh surat lamaran pertamina 2016, lowongan kerja spbu pertamina
Pegawai SPBU atau Operator SPBU
Di tempat ini, Anda dapat melakukan pengisian bahan bakar minyak untuk kendaraan bermotor Anda dengan berbagai jenis bahan bakar yang digunakan di Indonesia, diantaranya :
Penelusuran Terkait : contoh surat lamaran kerja spbu, contoh surat lamaran pekerjaan pertamina, cara melamar kerja di pom bensin, gaji kerja di pom bensin, syarat menjadi operator spbu, cara melamar kerja operator spbu, contoh surat lamaran kerja pertamina via email, contoh surat lamaran pertamina 2016, lowongan kerja spbu pertamina.

  1. Bahan Bakar Premium atau lebih dikenal masyarakat sebagai bensin yang merupakan bahan bakar minyak dengan warna utama kuning jernih. Warna kuning tersebut merupakan ciri khas bahan bakar premium yang mengandung zat pewarna (tingkat kemurnian BBM paling rendah). Bahan bakat premium dapat digunakan oleh kendaraan mobil sejenis minibus dan motor. Pemerintah telah mencanangkan bahan bakar premium sebagai bahan bakar bersubsidi sejak tahun. Oleh karenanya, bahan bakar minyak ini lebih dikhususkan untuk kendaraan plat hitam dan masyarakat kurang mampu;
  2. Bahan Bakar Pertamax yang merupakan bahan bakar minyak murni tanpa timbal dilengkapi kandungan mutakhir yang berguna untuk membersihkan sekaligus merawat Intake Valve Port Fuel Injector dan ruang bakar. Dengan carbon deposit dan Octane Number (RON) 92, pertamax menjadi salah satu bahan bakar yang ramah lingkungan dan memiliki oktan tinggi terbaik di tanah air. Bahan bakar minyak ini juga dapat digunakan oleh kendaraan sejenis minibus dan kendaraan bermotor roda dua; 
  3. Bahan Bakar Pertamax Plus yang merupakan bahan bakar elite di atas bahan bakar pertamax. Penggunaannya dikhususkan untuk berbagai kendaraan yang dilengkapi teknologi mutakhir yang membutuhkan bahan bakar dengan tingkat oktan yang tinggi dan tentunya ramah lingkungan; 
  4. Bahan Bakar Pertamina DEX yang merupakan sebuah bahan bakar minyak yang digunakan kendaraan bermotor bermesin diesel yang lebih modern. Bahan bakar ini telah memenuhi syarat standar emisi gas buang EURO 2 dan memiliki tingkat performa yang tinggi; 
  5. Bahan Bakar Bio Solar yang merupakan bahan bakar minyak campuran yang diperuntukkan untuk kendaraan mesin diesel yang terdiri dari minyak hayati non fosil ( bio fuel ) – sebesar 5 (lima) persen minyak kelapa sawit atau CPO (Crude Palm Oil) yang telah dibentuk menjadi Fatty Acid Methyl Ester (FAME) dan 95 persen solar murni bersubsidi. Bahan bakar ini ditujukan untuk mengurangi pemakaian solar secara bertahap.

Selain melayani pengisian bahan bakar minyak untuk kendaraan bermotor, SPBU juga menyediakan berbagai fasilitas yang dapat digunakan oleh konsumen, diantaranya :
  • Kafe dan Minimarket;
  • Fasilitas Layanan Pencucian Mobil;
  • Fasilitas Penjualan Oli;
  • ATM;
  • Mushola atau Tempat Ibadah;
  • Fasilitas Layanan Pengisian Angin (untuk ban kendaraan) yang saat ini sudah menyediakan layanan pengisian ban kendaraan dengan nitrogen; 
  • Rest Area (yang pastinya sangat bermanfaat untuk melepas lelah di perjalanan).

Untuk dapat bekerja sebagai operator SPBU, calon pelamar harus memiliki beberapa kemampuan umum dan juga siap menghadapi resiko sebagai berikut : 
  1. Dapat Menghitung Uang Secara Cepat dan Tepat. Karena pada dasarnya operator SPBU melakukan kegiatan penjualan produk secara real time, otomatis ia harus mampu menghitung uang dengan cepat dan tepat. Sebagian besar pelanggan biasanya meminta untuk diisikan bahan bakar berdasarkan jumlah uang bernilai bulat, seperti Rp 10.000, Rp 50.000, Rp 100.000, dan jumlah nominal sejenis lainnya. Namun, ada kalanya seorang pelanggan meminta agar kendaraannya diisi bahan bakar sampai penuh. Bagaimana jika nominal yang harus dibayar berhenti diharga yang tidak bulat semisal Rp. 23.155 sedangkan antrian kendaraan sudah cukup padat? Tentu Anda harus pandai membulatkannya tanpa merugikan pelanggan dan perusahaan. 
  2. Mengganti Perusahaan jika Mendapat Pembayaran dengan Uang Palsu. Seperti halnya resiko pegawai minimarket Alfamart, Indomaret dan lainnya, Anda juga harus mengganti kerugian perusahaan jika didapati uang palsu saat melaporkan pemasukan harian. Oleh karenanya, Anda harus memiliki kemampuan dasar untuk membedakan uang asli dan uang palsu.
  3. Rawan dengan Tindak Kejahatan. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang penjualan dan pelayanan yang prima, Anda akan dituntut bekerja dengan sistem shift (pergantian). Hampir setiap SPBU menyediakan pelayanan 24 jam sehari, dan setiap pegawai akan mendapatkan shift kerja jam malam beberapa kali dalam satu minggu. Dan berdasarkan yang saya lihat di lapangan, SPBU tidak dilengkapi dengan pegawai keamanan seperti Tenaga Security. SPBU hanya dilengkapi dengan kamera pengawas yang terdapat di setiap sudut area SPBU. Oleh karenanya, Anda harus bersiaga dan mampu bergerak cepat jika sesuatu yang buruk terjadi. 
  4. Tetap Konsisten dan Sabar. Setiap harinya, Anda akan menghadapi jumlah pelanggan yang cukup banyak. Terlebih tidak setiap pelanggan memiliki sikap yang ramah, apalagi jika SPBU tempat Anda bekerja mengalami kepadatan antrian, contohnya saat Idul Fitri, libur panjang, detik-detik kenaikkan harga BBM, dan situasi lainnya. Anda harus tetap konsisten dan sabar dalam melayani pelanggan dengan baik, karena fokus utama pekerjaan ini mengenai pelayanan. Jika pelayanan Anda terhadap pelanggan kurang baik, maka beberapa pelanggan tidak akan segan mengirimkan laporan atau angket tentang kinerja buruk Anda kepada atasan yang dapat dengan mudah mereka lakukan.

Bila Anda sudah memiliki kecakapan dan kualifikasi sebagai Operator SPBU, maka berikut ini kami paparkan teknik utama dalam melamar pekerjaan secara umum. 
Surat Lamaran tersebut dapat Anda kirim ke instansi atau perusahaan yang Anda tuju melalui :
  1. Pos (dengan alamat penerima dan pengirim yang jelas),
  2. Melalui email (jika perusahaan tersebut menerima Surat Lamaran yang dikirim melalui email), atau
  3. Datang langsung ke perusahaan (dengan melakukan walk in interview).

Setelah itu, Anda tinggal bersiap untuk melaksanakan interview (wawancara) dengan beberapa hal yang harus Anda perhatikan, seperti :
  1. Penampilan berbicara dan penampilan (penampilan anda adalah hal yang pertama dilihat oleh interviewer atau calon atasan anda); 
  2. Body language, Anda harus berjalan dengan tubuh tegap saat memasuki ruangan interview;
  3. Bicara dengan santai namun tegas yang dibarengi dengan kontak mata yang baik.

Berikut kami sediakan Contoh Surat Lamaran Kerja Operator SPBU di bawah ini sebagai gambaran penyusunan Surat Lamaran Kerja Anda. 
contoh surat lamaran kerja spbu, contoh surat lamaran pekerjaan pertamina, cara melamar kerja di pom bensin, gaji kerja di pom bensin, syarat menjadi operator spbu, cara melamar kerja operator spbu, contoh surat lamaran kerja pertamina via email, contoh surat lamaran pertamina 2016, lowongan kerja spbu pertamina
Contoh Surat Lamaran Kerja Operator SPBU

Namun, jika Anda tidak ingin repot-repot membuat ulang berdasarkan contoh di atas, kami juga menyediakan Contoh Surat Lamaran Kerja Operator SPBU dalam format Microsoft Word (docx) yang dapat Anda download di bawah ini.

Format Contoh Surat Lamaran Kerja Operator SPBU tersebut tentunya dapat disesuaikan dengan data diri pribadi Anda.
Download Contoh Surat Lamaran Kerja Operator SPBU (docx)

Itulah Contoh Surat Lamaran Kerja Operator SPBU yang dapat Anda gunakan, maupun hanya untuk sekedar referensi yang baik dalam melamar kerja. Dan juga dengan beberapa langkah singkat yang kami paparkan dalam melamar kerja di atas, diharapkan Anda dapat diterima dengan baik.


EmoticonEmoticon