Rabu, 03 Mei 2017

Contoh Surat Lamaran Kerja bagi Fresh Graduate

Contoh Surat Lamaran Kerja | Sebelum Anda menyimak Contoh Surat Lamaran Kerja bagi Fresh Graduate, tentunya Anda harus mengetahui teknik-teknik melamar kerja bagi para fresh graduate ini. 
Fresh Graduate merupakan sebuah sebutan bagi para lulusan sekolah tinggi atau perguruan tinggi yang baru saja menyelesaikan studinya. Para Fresh Graduate ini pastinya ingin segera mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi mereka.
Penelusuran Terkait : contoh surat lamaran kerja fresh graduate, contoh surat lamaran kerja fresh graduate s1, contoh surat lamaran kerja fresh graduate bahasa inggris, contoh surat lamaran kerja fresh graduate smk, surat lamaran kerja fresh graduate doc, contoh surat lamaran kerja fresh graduate via email, contoh surat lamaran kerja untuk fresh graduate sma, resume lamaran kerja fresh graduate, contoh surat lamaran kerja fresh graduate untuk job fair.
Hal ini pernah saya alami juga ketika saya baru wisuda sebagai tanda bahwa saya telah menyelesaikan pendidikan. Beban titel atau gelar sarjana terus menghantui ketika saya belum juga mendapatkan pekerjaan. Apalagi jika ditambah dengan "bisik-bisik tetangga" yang usil membuat saya terus kepikiran. Namun, hal ini bisa membuat kita asal-asalan dalam melamar kerja. Asal kerja, bidang apapun tak masalah. 
contoh surat lamaran kerja fresh graduate s1, contoh surat lamaran kerja fresh graduate, contoh surat lamaran kerja fresh graduate bahasa inggris, surat lamaran kerja fresh graduate doc, contoh surat lamaran kerja fresh graduate smk, contoh surat lamaran kerja fresh graduate via email, resume lamaran kerja fresh graduate, contoh surat lamaran kerja fresh graduate untuk job fair, contoh surat lamaran kerja untuk fresh graduate sma
Fresh Graduate
Secara umum, hal seperti inilah yang membuat para Fresh Graduate "melenceng" dari bidang pekerjaan mereka. Berikut ini kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan para Fresh Graduate yang tentunya harus dihindari : 
  1. Perencanaan Karir yang Kurang Matang | Masalah utama yang kerap dilakukan oleh karyawan fresh graduate yang paling utama, yaitu kurang matang dalam menyusun strategi perencanaan karir dan tidak jelas dalam menargetkan masa depannya. Dengan menyusun target, Anda dapat mengusahakan tujuan dari karir Anda dengan jelas, tidak sekedar asal kerja, bidang apapun tak masalah. Masalah seperti ini menyebabkan para fresh graduate melamar ke banyak perusahaan secara serampangan dengan posisi yang berbeda-beda pula, dan akhirnya terjebak dengan pekerjaan yang sebenarnya tidak diharapkan atau kurang dikuasai. 
  2. Yang Penting Kerja | Bagi para fresh graduate, mendapatkan sebuah pekerjaan tentunya merupakan hal yang utama. Hal ini disebabkan beban gelar yang mereka sandang, ditambah lagi masalah tersebut diperburuk dengan persaingan kerja yang sangat ketat. Alhasil, mereka tidak memilah-milah dalam melamar kerja meskipun jenis pekerjaan tersebut tidak begitu dikuasainya. Meskipun mencari pekerjaan yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan bukan hal terlarang jika niatnya untuk sekedar pengalaman. Tapi ingat, jika Anda memilihnya untuk pekerjaan tetap, Anda harus bersiap untuk melakukan hal yang tidak Anda sukai setiap hari selama bertahun-tahun. Kemampuan yang dipersiapkan bidang pendidikan Anda tidak terpakai, kerja pun sulit untuk ikhlas. 
  3. Kurang Usaha | Persaingan di dunia kerja semakin hari semakin ketat, lapangan kerja pun semakin sempit. Oleh karenanya, penyedia lapangan kerja (Perusahaan atau Instansi) semakin selektif dalam merekrut para pekerjanya. Inilah yang terkadang dilupakan para lulusan fresh graduate. Mereka terkadang merasa cukup dengan apa yang mereka dapatkan di bangku kuliah, padahal adakalanya mereka harus bersaing dengan para pelamar yang professional. Agar bisa bersaing dengan mereka, tentunya para fresh graduate harus lebih melengkapi modal kerja mereka dengan menggali berbagai informasi yang dibutuhkan demi meningkatkan skill kerja. 
  4. Terlalu Idealis | Beberapa orang yang baru saja lulus dari bangku kuliah biasanya memiliki idealisme tinggi dan begitu kuat dalam menerapkan prinsip. Namun, fakta di lapangan menunjukkan bahwa dunia kerja tidak selalu sama dengan bayangan mereka saat masih duduk di bangku kuliah. Sudah menjadi rahasia umum jika beberapa perusahaan melakukan sedikit persaingan yang tidak sehat untuk meraup untung. Oleh karena itu, kita harus bijaksana dalam menyikapi hal-hal tersebut. 
  5. Kurang Inisiatif | Sebenarnya, sebagian besar karyawan fresh graduate memiliki kemampuan lebih baik, namun sayangnya kelebihan itu kurang dimanfaatkan untuk meraih karir yang lebih tinggi. Rasa minder, malu, atau pun tidak enak karena merasa masih amatir sering menjadi alasan. Di dunia kerja, peluang dalam bersaing antara lulusan fresh graduate dengan karyawan yang lebih senior setara. Tuntutan kerja yang lebih optimal dan juga perkembangan teknologi yang semakin pesat menjadikan lulusan fresh graduate lebih unggul, terutama dalam hal ide kreatif, penguasaan teknologi, dan memberikan perspektif baru yang lebih segar dan anti mainstream. 
  6. Daftar Riwayat Hidup yang Terlalu Sederhana | Daftar Riwayat Hidup (Curiculum Vitae atau CV) yang miskin informasi akan membuat lamaran Anda berlalu begitu saja. Seringkali CV fresh graduate disajikan seadanya tanpa memuat hal menarik atau menonjol. Ini tentunya akan menyebabkan para fresh graduate sulit terpanggil untuk wawancara. Cantumkanlah beberapa prestasi dan pengalaman berorganisasi Anda, atau bisa juga Anda melakukan internship untuk menambah pengalaman dan membuat CV Anda lebih menarik perhatian. 
  7. Menyepelekan Deadline | Menunda pekerjaan merupakan sebuah kebiasaan buruk dimasa kuliah yang harus ditinggalkan di dunia kerja. Kebiasaan ini akan menumpuk tinggi setiap pekerjaan Anda hingga keteteran dalam pekerjaan. Seluruh proyek bisa saja akan gagal karena satu pekerjaan saja tertunda dan tentunya Anda akan dicap tidak profesional dalam bekerja.
Itulah hal-hal yang harus Anda perhatikan dalam melamar ataupun dalam bekerja. Selanjutnya, bila Anda para fresh graduate hendak melamar kerja, kami menyediakan Contoh Surat Lamaran Kerja bagi Fresh Graduate di bawah ini sebagai gambaran penyusunan Surat Lamaran Kerja Anda. 
contoh surat lamaran kerja fresh graduate s1, contoh surat lamaran kerja fresh graduate, contoh surat lamaran kerja fresh graduate bahasa inggris, surat lamaran kerja fresh graduate doc, contoh surat lamaran kerja fresh graduate smk, contoh surat lamaran kerja fresh graduate via email, resume lamaran kerja fresh graduate, contoh surat lamaran kerja fresh graduate untuk job fair, contoh surat lamaran kerja untuk fresh graduate sma
Contoh Surat Lamaran Kerja bagi Fresh Graduate

Namun, jika Anda tidak ingin repot-repot membuat ulang berdasarkan contoh di atas, kami juga menyediakan Contoh Surat Lamaran Kerja bagi Fresh Graduate dalam format Microsoft Word (docx) yang dapat Anda download di akhir artikel ini.

Format tersebut dapat disesuaikan dengan data diri pribadi Anda termasuk posisi mana yang tepat untuk Anda. 
Baca juga :

Beberapa Teknik Utama dalam Melamar Pekerjaan
Surat Lamaran tersebut dapat Anda kirim ke perusahaan atau instansi, baik pemerintah maupun swasta melalui : 
  1. Pos (dengan alamat penerima dan pengirim yang jelas),
  2. Melalui email (jika perusahaan atau instansi tersebut menerima Surat Lamaran yang dikirim melalui email), atau 
  3. Datang langsung ke perusahaan atau instansi yang dituju (dengan melakukan walk in interview).

Setelah itu, Anda tinggal bersiap untuk melaksanakan interview (wawancara) dengan beberapa hal yang harus Anda perhatikan, seperti : 
  1. Penampilan berbicara dan penampilan (penampilan anda adalah hal yang pertama dilihat oleh interviewer atau calon pimpinan anda);
  2. Body language, Anda harus berjalan dengan tubuh tegap saat memasuki ruangan interview;
  3. Bicara dengan santai namun tegas yang dibarengi dengan kontak mata yang baik.
Download Contoh Surat Lamaran Kerja bagi Fresh Graduate (docx

Itulah Contoh Surat Lamaran Kerja bagi Fresh Graduate yang dapat Anda gunakan maupun hanya untuk sekedar referensi yang baik dalam melamar kerja. Dan juga dengan beberapa langkah singkat yang kami paparkan dalam melamar kerja di atas, diharapkan Anda dapat diterima menjadi bagian dari sebuah perusahaan atau instansi yang Anda tuju.


EmoticonEmoticon