Minggu, 30 April 2017

Contoh Surat Lamaran Kerja Analis Kesehatan

Contoh Surat Lamaran Kerja | Sebelum Anda menyimak Contoh Surat Lamaran Kerja Analis Kesehatan, tentunya Anda harus mengetahui informasi terkait mengenai jenis pekerjaan ini. 
Analis Kesehatan merupakan salah satu profesi yang bekerja di sebuah sarana kesehatan yang melaksanakan pelayanan pemeriksaan, pengukuran, penetapan, dan pengujian terhadap berbagai bahan yang berasal dari manusia atau bahan bukan yang berasal dari manusia guna menentukan dan mengetahui penyakit, kondisi kesehatan, sebab dan dampak dari penyakit, atau faktor-faktor lain yang berdampak pada kondisi kesehatan individu dan/atau kelompok masyarakat.
Penelusuran Terkait : contoh surat lamaran kerja di laboratorium, contoh surat lamaran kerja di laboratorium klinik, contoh surat lamaran pekerjaan analis kesehatan dalam bahasa inggris, contoh daftar riwayat hidup analis kesehatan, contoh surat lamaran kerja analis kesehatan, contoh surat lamaran kerja analis kimia, surat lamaran kerja analis kesehatan dalam bahasa inggris, contoh surat lamaran kerja sebagai analis laboratorium dalam bahasa inggris, lowongan pekerjaan analis kesehatan.
Pada umumnya, sarana di bidang kesehatan ini berupa laboratorium yang khusus mendalami bidang kesehatan, seperti laboratorium yang khusus membantu mendiagnosa dan melakukan terapi (bidang Patologi Klinik) dimana tempat ini memeriksa berbagai sampel yang berupa macam-macam cairan tubuh manusia, layaknya darah, dahak batuk (sputum), feses, air urin, cairan otak, dan lainnya guna mendapatkan data atau hasil sebagai penentuan diagnosa terhadap suatu penyakit. 
contoh surat lamaran kerja di laboratorium,contoh surat lamaran kerja sebagai analis kesehatan,contoh surat lamaran kerja di laboratorium klinik,surat lamaran kerja analis kesehatan dalam bahasa inggris,contoh surat lamaran pekerjaan analis kesehatan dalam bahasa inggris,contoh surat lamaran kerja analis kimia,contoh daftar riwayat hidup analis kesehatan,contoh surat lamaran kerja sebagai analis laboratorium dalam bahasa inggris,lowongan pekerjaan analis kesehatan
Analis Kesehatan
Cakupan dari pekerjaan seorang Analis Kesehatan tergolong luas, dimana lingkup kerjanya meliputi pemeriksaan mikrobiologi (bakteri), parasitologi (fungi atau jamur, protozoa, cacing), hematologi (sel-sel darah serta plasma), imunologi (antigen, antibodi), kimia klinik (hormon, enzim, glukosa, lipid, protein, elektrolit, dan lain sebagainya). Di Indonesia, profesi ini memang lebih sering dikenal dengan Analis Kesehatan, sedangkan di dunia internasional biasanya menggunakan istilah Ahli Teknologi Laboratorium Kesehatan. 

Tugas Pokok Analis Kesehatan  
Tugas utama dari seorang Analis Kesehatan, yaitu melaksanakan berbagai pelayanan laboratorium kesehatan, meliputi bidang biologi, pengujian darah (hematologi), pengujian cairan kimia tubuh (kimia klinik), mikroorganisme, pemeriksaan berbagai penyakit dan uji kekebalan tubuh (imunologi serologi), mempelajari racun (toksikologi), patologi anatomi, kimia lingkungan, pengujian makanan dan minuman, kimia air, serta fisika.

Beberapa Fungsi dari Analis Kesehatan  
Seorang Analis Kesehatan memiliki beberapa fungsi penting kelaboratoriuman, diantaranya sebagai berikut :
  1. Mengembangkan prosedur untuk mengambil dan memproses spesimen;
  2. Melaksanakan uji analitik terhadap reagen dan spesimen;
  3. Mengoperasikan dan memelihara peralatan/instrumen laboratorium;
  4. Mengevaluasi data laboratorium;
  5. Mengevaluasi teknik, instrumen, dan prosedur baru laboratorium secara efektif dan efisien;
  6. Merencanakan, mengatur, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan laboratorium;
  7. Membimbing dan membina tenaga kesehatan lain dalam bidang teknik kelaboratoriuman;
  8. Merancang dan juga melakukan penelitian di laboratorium kesehatan.

Peran-peran Seorang Analis Kesehatan  
Selain memiliki tugas pokok dan peran kelaboratoriuman, seorang Analis kesehatan juga memiliki peran-peran yang cukup penting di wilayah kerjanya, dimana diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Pelaksanaan teknis dalam berbagai pelayanan laboratorium kesehatan;
  2. Penyelia teknis operasional di sebuah laboratorium kesehatan;
  3. Peneliti dalam bidang laboratorium kesehatan;
  4. Penyuluh dalam bidang laboratorium kesehatan (disebut “Promotion Health Laboratory”). 

Kemampuan Yang Harus Dimiliki Analis Kesehatan  
Dengan banyaknya peran dan tugas penting yang meliputi penyelidikan di sebuah laboratorium, tentunya seorang Analis Kesehatan harus memiliki kemampuan-kemampuan yang tak kalah penting, seperti :
  1. Memiliki ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan fungsinya di sebuah laboratorium kesehatan;
  2. Memiliki keterampilan dan pengetahuan dalam pengambilan spesimen, termasuk penyiapan pasien (bila diperlukan), labeling, penanganan, pengawetan, atau fiksasi, pemrosesan, penyimpanan, hingga pengiriman spesimen;
  3. Memiliki keterampilan dalam melaksanakan berbagai prosedur laboratorium;
  4. Memiliki keterampilan dalam melaksanakan berbagai metode pengujian dan pemakaian berbagai alat lab dengan benar;
  5. Memiliki keterampilan dalam melakukan perawatan dan pemeliharaan berbagai alat lab, kalibrasi, dan penanganan masalah yang berkaitan dengan uji/eksperimen yang dilakukan;
  6. Memiliki keterampilan dalam pembuatan uji kualitas media dan reagen dari pemeriksaan laboratorium;
  7. Mempunyai pengetahuan untuk melakukan berbagai kebijakan dan uji pengendalian mutu serta melaksanakan berbagai prosedur di dalam laboratorium;
  8. Mempunyai kewaspadaan tinggi terhadap berbagai faktor yang mampu mempengaruhi hasil pengujian;
  9. Mempunyai keterampilan di bidang akses dan uji validitas hasil pengujian atau eksperimen melalui pelaksanaan penilaian mutu spesimen, sebelum melaksanakan pelaporan hasil pengujian;
  10. Memiliki keterampilan dalam menginterpretasi hasil uji;
  11. Memiliki kemampuan merencanakan kegiatan laboratorium sesuai dengan jenjangnya.

Bila Anda berniat menjadi seorang Analis Kesehatan dan telah memiliki kriteria dan kemampuan sebagai Analis Kesehatan, kami menyediakan Contoh Surat Lamaran Kerja Analis Kesehatan di bawah ini sebagai gambaran penyusunan Surat Lamaran Kerja Anda. 
contoh surat lamaran kerja di laboratorium,contoh surat lamaran kerja sebagai analis kesehatan,contoh surat lamaran kerja di laboratorium klinik,surat lamaran kerja analis kesehatan dalam bahasa inggris,contoh surat lamaran pekerjaan analis kesehatan dalam bahasa inggris,contoh surat lamaran kerja analis kimia,contoh daftar riwayat hidup analis kesehatan,contoh surat lamaran kerja sebagai analis laboratorium dalam bahasa inggris,lowongan pekerjaan analis kesehatan
Contoh Surat Lamaran Kerja Analis Kesehatan
Namun, jika Anda tidak ingin repot-repot membuat ulang berdasarkan contoh di atas, kami juga menyediakan Contoh Surat Lamaran Kerja Analis Kesehatan dalam format Microsoft Word (docx) yang dapat Anda download di akhir artikel ini.

Format tersebut dapat disesuaikan dengan data diri pribadi Anda termasuk posisi mana yang diinginkan. 

Beberapa Teknik Utama dalam Melamar Pekerjaan :  
Surat Lamaran tersebut dapat Anda kirim ke rumah sakit, laboratorium, atau instansi kesehatan melalui : 
  1. Pos (dengan alamat penerima dan pengirim yang jelas),
  2. Melalui email (jika rumah sakit, laboratorium, atau instansi kesehatan tersebut menerima Surat Lamaran yang dikirim melalui email), atau 
  3. Datang langsung ke laboratorium, rumah sakit, atau instansi kesehatan yang dituju (dengan melakukan walk in interview).

Setelah itu, Anda tinggal bersiap untuk melaksanakan interview (wawancara) dengan beberapa hal yang harus Anda perhatikan, seperti : 
  1. Penampilan berbicara dan penampilan (penampilan anda adalah hal yang pertama dilihat oleh interviewer atau calon pimpinan anda);
  2. Body language, Anda harus berjalan dengan tubuh tegap saat memasuki ruangan interview;
  3. Bicara dengan santai namun tegas yang dibarengi dengan kontak mata yang baik.
Download Contoh Surat Lamaran Kerja Analis Kesehatan (docx

Itulah Contoh Surat Lamaran Kerja Analis Kesehatan yang dapat Anda gunakan maupun hanya untuk sekedar referensi yang baik dalam melamar kerja. Dan juga dengan beberapa langkah singkat yang kami paparkan dalam melamar kerja di atas, diharapkan Anda dapat diterima menjadi seorang analis kesehatan di sebuah rumah sakit, laboratorium, atau instansi kesehatan yang Anda tuju. 


EmoticonEmoticon